– PROFIL YAYASAN AL BAYAN MAKASSAR –

– SEJARAH AL BAYAN –

Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, pengkaderan dakwah dan sosial keagamaan didirikan oleh Ustadz Ir. H. Abdul Aziz Qahhar bersama Ustadz Ir. Abdul Madjid, Ustadz Ir. Khairil Baits dan beberapa orang sahabat beliau lainnya, yang saat itu sebagai pengurus HMI Makassar.

Perjalanan sejarah keberadaan kampus Al Bayan Hidayatullah di BTP memiliki lika liku yang takkan pernah dilupakan oleh para generasi Hidayatullah.Berawal dikerahkannya para pemuda/mahasiswa yang berhasil direkrut oleh Ustadz Abdul Aziz Qahhar untuk mencari lokasi yang lebih luas dari secretariat yang ada di Jalan Bawakaraeng (dekat Pasar Kalimbu) maupun yang ada di Tabaria.Lewat usaha maksimal, Alhamdulillah, Akhirnya ditemukanlah tanah yang ada di BTP. Setelah tawar menawar akhirnya di sepakati dengan harga Rp 99.000.000.-Luasnya 5.300 m2, kemudian berkembang menjadi 9.000 m2.

Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar merupakan cabang pertama Hidayatullah di Sulawesi Selatan yang saat ini menjadi salah satu kampus utama di antara 5 kampus utama Hidayatullah yang ada di Indonesia.Tujuan didirikannya yayasan ini adalah mengajak umat untuk kembali kepada jalan yang haq yaitu Islam yang berasaskan Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam lewat sebuah manhaj yang disebut dengan Sistematika Nuzulnya Wahyu yaitu tahapan-tahapan perjalanan Rasulullah dalam melaksanakan ajaran Islam.

– VISI YAYASAN AL BAYAN –

Menjadi lembaga pendidikan, sosial dan pengkaderan Islam yang unggul, amanah dan mandiri

 

– MISI YAYASAN AL BAYAN –

  • Menjadikan masjid sebagai pusat gerakan dan pembinaan spiritual.
  • Menyelenggarakan pendidikan profesional yang dapat melahirkan kader berakhlak mulia, cerdas, mandiri, dan memiliki tanggungjawab mengangkat martabat ummat.
  • Menyelenggarakan penyantunan anak yatim, miskin dan telantar
  • Menjadikan kampus sebagai alat peraga da’wah dan pendidikan yang islamiah, ilmiah, dan alamiah.
  • Membentuk lembaga-lembaga yang ekonomi yang dapat mendukung terselenggaranya proses pendidikan, sosial dan pengkaderan.

– STRUKTUR ORGANISASI AL BAYAN –